Rabu, 26 Oktober 2011

Doubutsu Shogi

Doubutsu Shogi adalah sebuah varian dari Shougi. Doubutsu Shougi lebih sederhana karena papannya hanyalah 12 petak (3 x 4 petak) dan total bidak hanyalah 8 bidak. Sistem Drop (mengembalikan bidak lawan yang sudah tertangkap di atas papan) tetap ada.


Petak
Pada Shogi 9x9 kita tau ada 81 buah petak. Sementara pada Shogi 3x4 ada 12 petak saja. Dengan petak yang lebih kecil jumlahnya tentu membuat Shogi 3x4 lebih sederhana strateginya ketimbang Shogi 9x9. Namun Shogi 3x4 tetap mengasyikkan


Bidak
Pada Shogi 9x9 ada total 40 buah bidak, di mana pada awalnya setiap pemain mempunyai 20 bidak di atas papan. Sedangkan pada Shogi 3x4 hanya ada 8 bidak secara total, di mana setiap pemain hanya dibekali 4 buah bidak pada awalnya. 
Di Shogi 9x9 ada 8 jenis bidak yakni : Pawn, Lance, Knight, Silver, Gold, Bishop, Rook, dan King. Gerakan bidak Shogi pada Shogi 9x9 juga bervariasi, ada yang bisa bergerak panjang, ada yang hanya bisa bergerak selangkah, ada yang hanya melompat.
Sementara di Shogi 3x4 hanya ada 4 jenis bidak yakni : Singa (sebagai bidak terpenting), Gajah, Jerapah, dan Anak Ayam. Gerakan bidak-bidak pada Shogi 3x4 juga sederhana, semuanya hanya bergerak selangkah (satu petak). Untuk arah gerakannya :
-Singa : maju lurus, maju diagonal, menyamping kiri, menyamping kanan, mundur lurus, mundur diagonal (seperti King pada Shogi 9x9)
-Gajah : maju diagonal, mundur diagonal (seperti Bishop pada Shogi 9x9, hanya saja gerakannya sepetak)
-Jerapah : maju lurus, menyamping kiri, menyamping kanan, mundur lurus (seperti Rook pada Shogi 9x9, hanya saja gerakannya sepetak)
-Anak Ayam : maju lurus (seperti Pawn pada Shogi 9x9)

Susunan awal bidaknya adalah :



JERAPAH

SINGA

GAJAH


ANAK AYAM



ANAK AYAM


GAJAH

SINGA

JERAPAH

Promosi
-Zona promosi pada Shogi 9x9 adalah 3 deret horizontal terujung. Sementara pada Shogi 3x4, zona promosinya adalah 1 deret horizontal terujung.
-Yang bisa berpromosi hanyalah Anak Ayam (yang akan berpromosi menjadi Induk Ayam). Induk Ayam mempunyai gerakan sama dengan Gold pada Shogi 9x9.

Capture dan Drop
-Sama seperti pada Shogi 9x9, pada Shogi 3x4 semua bidak lawan yang ada di jalur gerakan sebuah bidak, dapat ditangkap (capture) oleh bidak tersebut.
-Dan sama seperti pada Shogi 9x9, pada Shogi 3x4 semua bidak lawan yang sudah ditangkap dapat didrop pada giliran berikutnya.
-Induk Ayam yang tertangkap, akan kembali menjadi Anak Ayam. Sehingga yang bisa didrop adalah Anak Ayam (dan bukan Induk Ayam).
-Pada Shogi 3x4, tidak ada larangan drop seperti pada Shogi 9x9. Artinya drop anak ayam untuk mengakibatkan skakmat langsung diperbolehkan. Begitu juga ada dua Anak Ayam (dalam satu deret vertikal yang sama) yang dimiliki salah satu pemain juga diperbolehkan.
-Bahkan drop Anak Ayam di zona promosi juga tidak dilarang. Namun tetap saja sama seperti pada Shogi 9x9, yakni drop di zona promosi tidak boleh berpromosi langsung. Maka drop Anak Ayam di zona promosi akan membuat Anak Ayam tersebut tidak dapat bergerak sama sekali. Di Shogi 3x4 keadaan ini diperbolehkan (meski tidak bermanfaat).

Tujuan
Ada 2 cara mencapai kemenangan pada Shogi 3x4 :
-menangkap Singa lawan. Cara ini dinamakan Skakmat.
-Singa anda sendiri masuk ke zona promosi. Anda akan dinyatakan menang apabila Singa anda tersebut tidak ditangkap lawan dalam giliran lawan selanjutnya. Namun apabila Singa anda tersebut ditangkap lawan dalam giliran lawan berikutnya (dengan gerakan yang legal tentunya), maka lawanlah yang memenangkan pertandingan. Cara ini disebut Try Rule.

Draw
-Langkah yang diulang-ulang akan mengakibatkan draw. Bahkan termasuk skak yang berulang-ulang tetap mengakibatkan draw (berbeda dengan Shogi 9x9, di mana Skak yang berulang-ulang berakibat pada kekalahan otomatis pada pemain yang menskak).
-Tidak ada aturan Impasse dalam Shogi 3x4.
-Stalemate pada Shogi 3x4 juga sama dengan keadaan Stalemate Shogi 9x9 (lihat penjelasan tentang Stalemate pada akhir panduan Shogi 9x9).  

Main Online
Selain main bersama langsung bersama rekan atau keluarga anda, anda juga bisa bermain Doubutsu Shogi ini secara online. Caranya dengan mengunjungi http://81dojo.com/client34.html
Sebelumnya, pastikan anda memiliki akoun di server 81 Dojo yang bisa anda buat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar