Selasa, 25 Oktober 2011

Latihan 1

Bidak Sente : King (9i), Knight (8i, dan ada 1 yang bisa di drop), Silver (8h), Lance (9h), Pawn (9g, 8g), Lance (2f), Knight (3e), Rook (ada 1 di yang bisa di Drop).
Bidak Gote : King (2b), Gold (3b), Knight (2a), Lance (1a), Pawn (1c, 2c, 3c, 4c, 5f), Bishop (7e, 7h).

Apabila sekarang giliran Sente yang jalan, langkah apakah yang sebaiknya diambil Sente?



Mari kita coba bahas.

Jika anda menemukan problem seperti ini, maka mau tidak mau anda harus lakukan Analisa Lapangan (Angan). Silahkan pelajari Pelajaran 18 pada Teori 1881 Shougi tentang Angan ini.
King Sente masih dapat dikatakan cukup aman karena menggunakan Castle Anaguma (meski sudah kehilangan Goldnya). Jadi Sente akan menyerang Gote. Oleh karenanya Angan nya pun akan berhubungan dengan penyerangan.

Berdasarkan Angan :
-Petak lemah, ditemukan pada petak 2c (dipengaruhi 2 bidak Sente dan 1 bidak Gote selain King). Petak 2c adalah I.P bagi King 2b, dan nilainya adalah -1
-Kelemahan penjagaan, khususnya yang menjaga petak 2c. Karena yang Defend adalah Gold, Defend di 2c cukup kuat. Tapi dari posisi seperti pada gambar, apabila Gold bergerak maka Gold kehilangan Defend nya terhadap petak 2c. Gold harus bergerak ke petak 3c atau 2b untuk tetap Defend 2c. Padahal petak 3c dan 2b sudah ditempati oleh bidak Gote, sehingga pergerakan ke sana tidak dimungkinkan. Defend Gold ke petak 2c pada kasus gambar di atas bisa dikatakan cukup lemah.
-Bidak yang tidak ter-Defend. Bisa kita lihat dengan jelas, dua Bishop Gote (di 7e dan 7h) sama-sama tidak terjaga. Parahnya lagi, dalam satu giliran, kedua Bishop tetap tidak bisa saling Defend satu sama lain.
-Selain kedua Bishop Gote di 7e dan 7h tidak terjaga, kelemahan lain adalah keduanya masuk dalam kelemahan struktur, yakni keduanya berada pada satu garis lurus. Sente dapat dengan mudah men-Skewer keduanya dengan Drop Rook (dan memang Sente punya Rook untuk di Drop) di 7a, 7b, 7c, 7d, atau 7i. Juga dapat terkena Fork dengan Drop Rook di 7f atau 7g.

Setelah anda lakukan analisa, tiba saatnya anda untuk memutuskan langkah yang akan anda mainkan. Jika anda mencoba mengeksploitasi kelemahan dua Bishop Gote, dengan drop Rook di 7a, 7b, 7c, 7d, 7f, 7g, atau 7i, saya tidak akan menyalahkan anda. Memang langkah itu cukup bagus. Toh, berhubung Bishop tidak dapat saling Defend satu sama lain, dalam satu giliran, antara Bishop di 7e atau 7h pasti ada yang tertangkap secara CUMA-CUMA. Tapi ada baiknya Sente coba Drop Rook di 7a, 7b, atau 7c karena bisa sekalian promosi menjadi Dragon.

Tapi sebelum anda benar-benar yakin bahwa Drop Rook di 7a, 7b, atau 7c adalah jawaban terbaik, anda pertimbangkan dulu ide saya ini. Ide saya ini adalah memanfaatkan petak lemah di 2c. Apa langkah itu? Knight tangkap Pawn 2c (promosi).
Hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini
King Gote terkena Skak. Kalau King kabur ke 3a, maka jelas itu blunder karena akan langsung Mat. Caranya Narikei tangkap Gold 3b. Mau tidak mau King terpaksa tangkap Narikei 3b. Setelah itu Sente drop Rook di 2b. King kabur ke 4a. Namun Sente akan drop Gold di 4b dan Skakmat.

Maka setelah langkah pertama Knight tangkap Pawn 2c dan promosi, langkah kedua Gote harus Gold tangkap 2c, dan akan seperti pada gambar di bawah ini.
 
Setelah langkah tersebut, Gote bahkan menciptakan kelemahan struktur baru, yakni Bishop (7e) dan King (2b) dapati di-Fork oleh Rook. Maka jangan langsung tangkap Gold 2c dengan Lance, tapi manfaatkan dulu kelemahan baru Gote ini dengan drop Rook di 7b. SKAK
Ada beberapa Defend yang bisa dilakukan Gote, yakni bisa King kabur ke 3a, drop Knight di 4b atau 3b. Jika kabur, maka akan ada serangan mematikan, Lance tangkap 2c. Dan itu adalah Tsumero.
Maka jawaban yang lebih baik adalah drop Knight di 4b atau 3b. Di manapun Knight di drop untuk blok, Knight tersebut akan di-pin. Lalu manakah yang lebih baik, drop di 4b atau 3b? Kalau drop di 4b, King punya satu petak lebih untuk kabur (3b). Tapi karena petak 3b akan kosong, resikonya petak 3b dapat di Drop oleh Sente pula. Sementara apabila drop di 3b, King tidak bisa kabur ke 3b, tapi petak 3b tidak dapat di drop Sente nantinya. Saya sendiri lebih memilih drop Knight di 3b. Seandainya Rook Sente yang di 7b menangkap Bishop Gote 7e, maka Knight Gote akan pulih kemampuannya (lepas dari Pin).

Sayangnya, akan jauh lebih mematikan apabila Sente tidak menangkap Bishop pada giliran selanjutnya (memelihara ancaman terhadap Bishop 7e). Sente akan menambah tekanan pada petak 2c, berhubung Sente masih punya Knight untuk di drop. Maka drop Knight di 3e untuk menyerang 2c akan cukup mematikan.
Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :
Sekarang, Gote harus berikan Defend tambahan di 2c (karena langkah Sente sebelumnya yakni Drop Knight di 3e adalah Tsumero). Caranya Pawn 5f ke 5g dan promosi, akan membuka jalur Bishop 7h, sehingga Bishop 7h bisa ikut Defend 2c. Namun langkah Sente berikutnya adalah Knight tangkap 4c dan promosi. Ini adalah Tsumero, dan bahkan termasuk Hisshi.

Bagaimana apabila untuk memblok Skak Sente dengan drop Rook di 7b itu dilakukan dengan drop Knight di 4b? Maka, pada giliran selanjutnya Sente tanpa ragu akan menangkap Bishop di 7e dan promosi. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. 
Terlihat bahwa Dragon mengancam Bishop 7h. Namun apabila Bishop 7h kabur misal ke 6g, maka Sente akan menang karena posisi itu ternyata juga Tsumero, karena ada 1 Pawn, 1 Knight, dan 1 Bishop yang bisa di Drop bukan?
Cara menangnya adalah, pertama Sente tangkap Gold Gote 2c dengan Lance nya dan SKAK. Apabila Defend Gote adalah King ke 3a maka drop Gold 3b akan Skakmat. Untuk memperpanjang “nafas”,King Gote harus tangkap Lance 2c. Sente drop Knight di 1e dan SKAK.
Sampai di situ, apapun Defend Gote, apakah itu King ke 2b, 1b, 3b, 1d, 2d, atau 3d akan pasti Skakmat.

Bagaimana apabila setelah Dragon mengancam Bishop Gote di 7h, Bishop Gote memilih kabur ke 6i? Kaburnya Bishop ke 6i (dan promosi) sekaligus menambah Defend di petak 2e, dan yap anda benar, langkah itu sekaligus Defend Tsumero. Tapi Sente akan membuat sebuah langkah mematikan berikutnya, yakni drop Knight di 1e untuk menyerang 2c. Tidak ada lagi langkah Defend dari Gote ke petak 2c, karena posisi Bishop sudah tidak ada lagi di satu diagonal yang sama dengan petak 2c. Drop Knight di 1e juga adalah langkah Tsumero.

Satu respon yang mungkin akan dilakukan oleh Gote dalam menyikapi ancaman Dragon di 7e terhadap Bishopnya di 7h adalah dengan Sac Bishopnya yang ada di 7h untuk menangkap Knight Sente di 8i. Langkah ini adalah Skak dan hanya bisa di-Defend Sente dengan King tangkap 8i. Berikutnya Gote bisa Defend 2c dengan Drop Knight di 3a. Tapi dengan keunggulan materi (Sente punya 2 Bishop, 1 Knight, dan 1 Pawn untuk di drop, sementara Gote tidak punya bidak apa-apa untuk di Drop) dan posisi di papan yang lebih menguntungkan Sente karena Sente lebih menyerang, seharusnya Sente bisa memenangkan pertandingan dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar